Langsung ke konten utama

Postingan

Sayur Bobor, sejumput kenangan dari masa lalu

Assalamu'alaykum, semua. Lagi ngapain niy ? Temans,  udah pada masak belum. Mumpung ingat, kali ini saya mau bagi resep sayur sederhana yang saya suka dari kecil dulu


Nama masakan yang mau saya bagi adalah Sayur Bobor. Bukan bubur ya ... Hihihi. Sayur Bobor ini cukup terkenal di kampung halaman saya, Semarang. Ya seperti rata-rata masakan khas Jawa Tengah. Sayur ini mempunyai rasa asin, gurih dan sedikit manis. Sekilas siy mirip lodeh tapi gak ada rasa pedasnya karena gak pakai cabai

Kebetulan niy beberapa hari lalu, saya nemu daun labu yang ijo menggoda dengan bentuk ada keriting-keritingnya itu. Kepikiran paling enak ya dibuat Sayur Bobor aja. Apalagi akhir-akhir ini cuaca sering hujan,  cocok deh kalau buat sayur itu

Yang belum tau kayak apa siy daun labu itu.  Seperti ini bentuknya


Yuk cuss ke pembuatan Sayur Bobor ...

Ini dia bahannya :
- Daun labu
- Kacang panjang
- Labu Siam
- Santan

( Biasanya Sayur Bobor memakai bayam atau kangkung. Cuman saya suka memakai daun labu ditamb…
Postingan terbaru

Mengurangi Rasa Takut Terbang ala Saya si Penakut Terbang

Saya ini jujur paling iri sama orang yang begitu masuk ke kabin pesawat, duduk langsung bisa tidur pulas. Asli pengen banget bisa kayak gitu.  Terbang tanpa ketakutan  ...

Ketakutan saya naik pesawat mulai terbentuk sebelum saya merasakan naik pesawat pertama kali. Mulai tahun 2000 an keatas, di Indonesia sempat beberapa tahun mengalami kecelakaan pesawat terbang. Berulang kali. Siapa coba yang gak ketakutan. Bahkan berita itu sampai mempengaruhi saya, yang bahkan saat itu belum pernah merasakan naik pesawat


Tibalah saatnya saya harus menghadapi kenyataan. Saya harus terbang. Takut jelas. Ketakutan pun berlipat ketika saya harus terbang perdana berdua saja dengan anak pertama yang masih berusia belum genap 2 tahun

Buat yang takut terbang pasti bisa ngebayangin ketakutan saya ketika itu. Takut tapi musti terbang nyusul suami di perantauan. Plus menjaga anak kecil yang malah seneng begitu dia naik pesawat. Kontras banget kan

Ingat banget, gimana mata ini gak sanggup untuk melihat ke baw…

Gagal Kabur jadi Berkah ( Cerita Ngambek ke Suami )

Hai ... Hai, Assalamu'alaykum temans.  Gimana niy kabarnya awal pekan ini. Di rumah masih dalam masa pemulihan semuanya setelah flu, batuk dan pilek bergantian melanda

Mulai darimana ya ceritanya. Hmm, yang udah nikah pasti pernah dong ngambek sama pasangannya. Biasanya niy yang ngambek mah istri, kayak saya begini. Kalau suami gak pernah ngambek deh kayaknya ... Hahaha. Rumah tangga tanpa istri ngambek tuh kayak sayur tanpa garam. Hambar, bener gak

Dari 14 tahun pernikahan dengan suami, saya beberapa kali ngambek sama dia. Ada yang diem sampai nangis bombay. Cuman kalau marah teriak-teriak, itu bukan tipe saya ataupun suami

Nah, dari sekian kali ngambek. Ada 1 insiden ngambek saya ke suami yang sampai kapanpun bakal ingat. The best ngambek sayalah ceritanya 😁


Sabtu pagi itu, 5 tahun lalu kira-kira. Si kecil umurnya baru 1 tahun. Yang besar kelas 3 SD. Ceritanya pagi itu, saya diantar suami periksa ke dokter di salah satu rumah sakit swasta. Suami kan saat itu Sabtu masih masuk k…

Emak Harus Waras

Emak takut terbang, tapi Emak musti nyusul suami yang pindah duluan di pulau seberang. Emak harus naik pesawat terbang pertama kali sama anak lelaki yang waktu itu umurnya belum 2 tahun. Suami jemput di bandara kota itu

Emak harus waras, ajak penumpang sebelah ngobrol ngalor ngidul sepanjang perjalanan. Emak terus terang ke penumpang itu, kalau emak takut terbang. Abis itu emak mikir mungkin penumpang sebelah stress kali, diajak ngobrol emak selama hampir 2 jam perjalanan
.
Emak lagi sibuk beresin barang. Anak lelaki Emak nangis histeris karena liat sepeda kesayangannya diangkut truk buat dibawa pindah ke pulau seberang. Suami Emak udah berangkat duluan

Emak harus waras, abis truk pindahan pergi. Emak ajak anak tetangga sebelah nemenin jalan-jalan ke mal. Biar anak yang belum genap umur 2 tahun itu gak nangis lagi. Naik becak, sampai di mal beli mainan mobil-mobilan
.
Emak ditinggal luar kota 3 minggu sama suami dan masih baru tinggal 2 bulan di kota itu. Hari pertama ditinggal kelua…

Bunga Langka Berkelopak 6 itu Membuatku Tahu, Bahwa Bunga Rafflesia Berbeda dengan Bunga Bangkai

Assalamu'alaykum, temans. Niy blog kayaknya udah lama aja gak disentuh. Mumpung badan mulai enak setelah beberapa hari ini saya dan anak- anak kena flu sama masuk angin berat. Semangat hari ini kayaknya bisa di boost dengan mulai ngetik lagi deh

Ini siy sebenernya cerita lama. Cuman kok mendadak pengen angkat cerita ini di blog setelah tadi sempet liat ada postingan di grup FB. Jadi tadi tuh di grup FB ada orang yang posting foto bunga bangkai. Yang lebih dikenal dengan nama Suweg. Nah ada tuh, beberapa orang komentar bilang kalau itu bunga Rafflesia Arnoldii. Langsung deh inget sama chit-chat tentang bunga Rafflesia dengan suami waktu itu


April kemarin, suami pergi dinas luar kota ke Bengkulu buat pertama kalinya. Semalam di Bengkulu, besok paginya suami pergi ke Lubuk Linggau Sumatera Selatan via darat dengan kawannya. " Pak, nanti kalau ada tulisan Bunga Sedang Mekar berhenti aja " pesan kawannya di kantor Bengkulu. Suami gak ngeh maksudnya

Berangkatlah mereka ke Lub…

Ketika Kehancuran itu Nyaris Membuatku Mengakhiri Hidup

Bunuh diri, sebuah kata yang nyaris kulakukan terhadap diri ini lebih dari satu dekade silam. Perbuatan yang dimurkai penciptaku, hampir kulakukan ketika itu

Ah ... tak mungkin. Aku kira itu yang ada di pikiran kalian saat ini


Di awal abad milenial, aku seorang gadis berusia 20 tahun ketika itu. Masih duduk di bangku kuliah semester 3. Sebuah kisah kelam nyaris membuatku mengakhiri hidupku
Hari itu, Tanteku adik dari Mama, membawa seorang muridnya ke rumah. Usianya setahun di bawahku. Gadis cantik berhidung mancung itu mengalami cerita mengerikan dalam kehidupannya. Ayahnya membunuh ibunya. Kemudian ayahnya dipenjara. Dengan wajah penuh tekanan, setiap hari dia datang ke sekolah. Kasihan terhadapnya, Tanteku itu membawa dia ke rumah.  Dan menjadi adik angkatku
Sebut saja namanya Bulan. Rasa senang awalnya menghampiriku, aku punya seorang adik perempuan pikirku saat itu. Bulan tidur bersamaku karena kamar hanya ada 3 di rumah. Adik lelakiku di kamar depan. Mama tidur sendiri karena Pap…

Sahabatku Seorang Pelakor

Putih, tidak terlalu tinggi dan badan agak berisi. Seorang perempuan muda berwajah manis kukenal 9 tahun lalu. Kumengenalnya di tempat anak pertamaku sekolah. Sebelum ku kenal dia, sebut saja namanya Manis, cerita tentangnya sudah sering kudengar bahkan sebelum kulihat wajah cantiknya

Manis dari saat pertama bertemu, Manis  tidak pernah tak melepaskan senyumnya kepada semua orang. Dia sosok yang ramah. Setiap bercerita dengan dia, tak jarang tertawanya yang renyah muncul.

Tak butuh waktu lama untukku dekat dengannya. Bersama beberapa kawan yang cukup dekat, kami layaknya sebuah gank anak sekolah. Berlima kami sering mengobrol, jalan-jalan dan makan bersama di rumah kami berlima secara bergantian . Ada yang seusia denganku, ada yang lebih tua sedikit dan ada seorang yang paling tua diantara kami. Namanya Bu Haji yang saat itu usianya hampir 50 tahun. Dan Manis adalah yang paling muda. 5 tahun di bawahku

Manis dengan segala predikat buruk dari orang yang sering membicarakannya, ternyata…