Blogging, Dunia Ajaib yang Bikin Hepi

by - February 05, 2018


Yeeeey .... Yeeeey, berjumpa lagi dengan saya disini

Eits, ekpresi saya beda banget ya sama tulisan galau ( kalau kata anak jaman now ) di postingan sebelumnya

Karena galaunya, sampai -sampai saya melupakan "tugas penting" saya untuk membuat tulisan kolaborasi #CeritaDilaDira dengan partner saya tercinta dari Surabaya Mbak Dira Indira

Dua minggu lalu kalau gak salah, Mbak Dira ngajakin buat nulis tentang Why I Love Being A Blogger 

Alamak ... Gampang gampang susah menurut saya. Apalagi saya adalah blogger yang lebih absurd daripada Mbak Dira

Sorry, Mbak Dira. Aku contek kata-katanya. Aku sedang kehabisan ide *hiks*

***

Mulai darimana ya ceritanya

Daripada sayanya makin galau akibat gak semangat menulis seperti yang dialamin sebelumnya. Bismillah ...

" Assalamu 'alaykum, Mbak " sapa seorang wanita yang tidak saya kenal di DM Instagram saya
" Ada yang mau ditanya niy " lanjutnya

" Wa alaykumussalam, Mbak " jawab saya
" Silakan "

Mbak itu pun memperkenalkan diri. Namanya Tika. Mbak Tika rupanya membaca tulisan yang saya publish beberapa bulan lalu yang berjudul Keindahan Kolonial Belanda di Puri Tri Adiguna PTPN 2 Tanjung Morawa

Lokasi yang saya pilih untuk bahan menulis saat itu adalah PTPN 2 Tanjung Morawa. Sebuah perusahaan milik negara yang mempunyai pemandangan luar biasa indah. Ada danau cantik dengan latar belakang rumah peninggalan Belanda dan hijaunya pepohonan disana. Karena keindahannya inilah gak heran ada pasangan yang akan menikah, menjadikan tempat ini sebagai untuk melakukan sesi pemotretan prewed

Nah salah satunya ya Mbak Tika ini, yang ternyata punya rencana membuat foto prewedding di  2 PTPN Tanjung Morawa. Cuman karena tempat ini adalah kantor dan tidak banyak diekspos. Jadilah Mbak Tika menghubungi saya mencari informasi gimana caranya dapat ijin berfoto disana

Tau gak apa yang saya rasain waktu Mbak Tika bilang dia membaca blog saya, aduh rasanya saya senang banget * seperti bidadari terbang ke langit ke tujuh .... Hahaha* . Saya gak tau gimana Mbak Tika akhirnya bisa menemukan tulisan saya itu

Tapi jujur, malam itu saat Mbak Tika DM saya. Sepertinya Allah mengirimkan sinyal lagi buat saya untuk lebih semangat lagi menulis. Karena pagi harinya sebelum Mbak Tika DM saya di Ig. Saya baru aja mempublish tulisan tentang semangat ngeblog saya yang hilang. Tulisannya disini

Dan ketika Mbak Tika menjawab seperti ini, tambah meleleh aja saya


Padahal saya malah yang harusnya berterima kasih sama Mbak Tika, karena DMnya itulah saya diingatkan untuk semangat ngeblog lagi

Makasih buat kemunculan Mbak Tika yang tiba-tiba di DM,  karena sesungguhnya itu berarti sekali buat saya

***

Masih di tulisan yang sama ...

Kebahagiaan juga saya temukan saat saya mempublish tulisan itu

Membuat tulisan dengan latar belakang tempat bersejarah yang menjadi saksi tumbuhnya kota Medan kala itu. Menjadi tantangan tersendiri buat saya

Dengan sumber bacaan yang tidak terlalu banyak. Tentunya tak mudah untuk mencari cerita tentang PTPN 2 Tanjung Morawa. Kebanyakan hanya seputar berita. Tidak banyak yang mengulas tentang sejarahnya. Ada tapi hanya sekilas dan tak lengkap

Pindah dari satu tulisan ke tulisan lain. Akhirnya saya menemukan tulisan yang saya lihat paling lengkap. Sebuah blog perkebunan yang dibuat oleh Bapak Martum Pulungan, seorang praktisi perkebunan yang juga bekerja di PTPN

Dengan bermodalkan tulisan beliau, saya pun bisa bercerita dengan lancar tentang sejarah PTPN 2 Tanjung Morawa

Yang tak pernah saya sangka adalah beliau berkomentar di tulisan yang saya buat itu. Gimana rasanya?  Kaget yang jelas. Tapi saya sangat senang sekali. Suatu kehormatan buat saya


Karena beliau melihat ketertarikan saya dengan PTPN. Saya pun diundang oleh beliau untuk ikut dalam reuni PTPN 2 Tanjung Morawa. Tapi sayang saya tak bisa datang saat itu

Dua cerita di atas adalah salah satu alasan kenapa saya mencintai dunia blogging ini

Sumber gambar : Pixabay

Ngeblog... Kenapa saya ngeblog ?

Awal saya ngeblog sebenernya bukan dimulai dari hati saya sendiri. Loh kok bisa ?

Ceritanya sih kepala saya kala itu mumet melihat banyaknya hoax dan ujaran kebencian di beranda FB saya. Belum lagi komentar julid warganet yang bikin kuping panas

Intinya saya butuh terapi jiwa dari semua kegaduhan saat itu

Jadilah saya sering nulis di FB. Abis liburan langsung tuh nulis panjang plus pamer banyak foto. Kalau ada sesuatu yang menggelitik hati saya, kayak tiba-tiba ada meme apa gitu. Udah deh langsung tuh saya menulis

Kawan - kawan saya pucing pala belbie liatin tulisan panjang saya yang kayak kereta api itu, kali ya

Akhirnya saya dijerumuskan mereka ke dunia blog ini ... Hahaha. Padahal mereka bukan blogger loh

Jadilah secara resmi saya menulis blog di bulan Mei 2017. Masih seusia bayi yang baru belajar makan nasi tim lah


Dunia blog buat saya adalah sebuah aktualisasi diri kalau kata Om Abraham Maslow. Sebuah hierarki tertinggi dari kebutuhan manusia

Menulis blog itu bisa bikin saya refreshing dari kesibukan saya sebagai Ratu di Rumah yang urusannya berkutat seputar wajan gosong dan keran bocor

Dan bikin saya punya kesibukan baru dong . Bisa sering - sering pegang laptop deh. Saya pun juga jadi lebih sering melatih tulisan tangan saya lagi di sebuah buku setelah jadi blogger

Ahay, asiiik

Instagram, nah sosmed satu ini juga baru saya pakai setelah menjadi blogger. Whattttz .... Ciyuuus ? Dua ciyus dah. Umur akun Instagram saya tuh gak jauh beda sama blog saya

Dulu nih sebelum nulis di blog, saya mikir ngapain lah punya Ig. Wong saya juga udah punya FB. Eh rupanya dari kawan blogger saya baru tahu, kalau blogger bisa juga jadi influencer. Satu ilmu baru lagi kan

Meski saya belum jadi influencer, setidaknya setelah punya akun Ig saya jadi tau gosip - gosip panas ala Lambe Turah * penting bingit *

Me- monetize blog atau menghasilkan pundi rupiah dengan menulis review berbayar, sampai sekarang memang belum saya lakukan

Kenapa ? Lebih ke alasan personal sebetulnya sih

Meski punya tampang pas-pasan dan suara cempreng kayak panci rombeng jatoh, akhirnya saya pun menjajal bikin vlog. Pede banget ya * geleng - geleng *

Kalau ngeblog, saya dijerumuskan kawan - kawan. Saya ngevlog karena dipaksa si kecil

Bener - bener, ngeblog belum paten disuruhnya pulak mamaknya bikin vlog. Apa kata dunia ???

Hasilnya ada 2 vlog " Gaitsaa dan Mama Dila " yang saya buat bareng si kecil

Meski udah bikin vlog, saya belum PD bikin akun You Tube
Bisa mengenal banyak teman baru, seperti Mbak Dira Indira dari Surabaya yang menjadi pasangan collab saya di #CeritaDilaDira ini

Mbak Dira, kapan kita bisa kopi darat ya ?

Mbak Muyass dengan ketrampilan luar biasanya yang tak hanya berkutat di dunia penulisan. Menggambar, memasak kue dan menulis di UC

Mbak Fanny F Nila dengan travellingnya yang menantang adrenalin. Lewat tulisannya itu, Mbak Fanny berhasil bikin saya berkeinginan untuk menurunkan level fobia saya pada ketinggian

Mbak Nur Rochma, blogger dari Tuban yang kalem banget dan suka berbagi cerita tentang anak dan wisata di tulisannya

Mbak Sulis dan Mas Andi Nugraha, keduanya blogger dari Jogja yang nyaris selalu bikin saya baper tiap kali nulis tentang kota pelajar itu .... Kangen sama Jogja iiih

Mbak Sri Untari atau biasa dipanggil Mbak Uun, blogger lucu dari Semarang. Yang selalu saya curhati kalau saya gak ngerti sesuatu tentang blogging

Mas Ammar Dental atau Damar, blogger Makassar. Anak muda tenaga kesehatan tetapi sangat inspiratif. Yang bikin saya berpikir, waktu saya muda kenapa gak bisa kayak Mas Damar ya

OmNduut, blogger dari Palembang dengan tulisan yang luar biasa lengkap di setiap postingannya dan udah bisa menerbitkan buku *saya kapan ya bisa begitu*

Mbak Dian Restu Agustina, yang kehidupannya mirip sama saya. Pindah kota beberapa kali. Bahkan Mbak Dian pernah tinggal di luar negeri

Mbak Shovya dan Mbak Aswinda Utari, blogger Banjarmasin yang selalu membuat saya rindu dengan kota Seribu Sungai lewat tulisannya. Tempat yang pernah saya tinggali selama 4 tahun itu

Mbak Astin Astanti yang mencerahkan saya dengan postingannya tentang #foodprep. Mbak Nita Lana yang juga gak pelit kasih resep. Bikin saya semangat masak dah

Bro Uwan Urwan, blogger yang suka menyebut dirinya ganteng itu. Dari Situbondo, foto - foto yang dihasilkannya selalu kece. Dan suka menuliskan sesuatu dengan puitis

Dan masih banyak lagi blogger - blogger yang lewat untaian kata di blog mereka bisa memberi perspektif baru buat saya



Yang bikin saya lebih hepi lagi adalah, setelah jadi blogger saya bisa berjumpa dengan  Mbak Ririn Wandes Lubis dan Mbak Mollyta Mochtar. Para blogger cantik dari Medan yang tulisannya justru saya temukan jauh sebelum saya jadi blogger

Senangnya saya bisa berjumpa Mbak - Mbak tercinta ini. Dari perjumpaan mereka, saya jadi semangat belajar blog lagi

Dan saya pun menulis cerita perjumpaan saya dengan Mbak-Mbak cantik itu Disini ( klik ya, ada cerita menarik disana )

Dari blog walking ke kawan - kawan, saya jadi tau juga tuh tempat wisata yang lagi kekinian dimana-mana. Belum lagi kalau  produk-produk yang baru diluncurkan.  Lewat jemari mereka, saya jadi gak ketinggalan info dong

Membaca cerita kehidupan kawan blogger, juga suatu hal yang menyenangkan buat saya. Cerita yang mereka tulis dalam setiap katanya, membukakan mata saya kalau dunia gak seluas daun kelor

Banyak hal menarik di luar sana ...

***

Karena dasarnya saya adalah orang yang cerewet ( kalau kata Tante saya tuh, padahal mah saya ini kalem ... Uhuk ), perjumpaan dengan siapa pun bisa menjadi suatu hal yang menarik. Berbicara dengan orang yang tidak dikenal sebelumnya tentang cerita mereka

Berbicara bla... bla... bla. Tentang ini itu

Untuk dunia blogging, semua itu bisa saya rekam dalam tulisan sebagai kenangan sekaligus pembelajaran kehidupan. Dan itu sangat berharga buat saya

Cerita yang saya alami dan ditulis di blog pun bisa dibaca oleh orang lain. Sungguh suatu kenikmatan saat bisa berbagi sesuatu dengan orang lain lewat tulisan di blog

Apalagi ketika tulisan saya nangkring di halaman pencarian pertama Google ... Wesss, rasanya bagai terbang ke langit naik roket luar angkasa. Seperti tulisan saya tentang Mengurus Pindah Sekolah Anak ke Luar Kota

Semoga bisa membantu banyak orang , itu harapan saya
***

Petualangan juga saya rasakan saat melakukan aktifitas ngeblog, seperti saat saya pergi ke suatu rumah tua peninggalan Belanda di Bandar Klippa

Atau saat saya harus dua kali bolak balik di tengah panasnya terik matahari kota Medan naik motor dengan kawan. Demi menuntaskan rasa penasaran saya di komplek PTPN 2 Tanjung Morawa yang luasnya luar biasa itu. Saking luasnya sampai bisa dibuat lapangan golf 18 hole, danau yang gak keitung lagi jumlahnya, ditawari naik ke menara air yang merupakan ikon Tanjung Morawa ( tapi sayang saya gak berani naik ) dan melihat kompleks makam kuno yang disana


Saat anak saya yang besar pernah bercerita kalau kawan dia bilang " Mamamu blogger ya " . Darimana anak kelas 2 SMP itu tahu ? Hasil kepo ke Ig saya rupanya ... Hmmm

Atau ketika suami saya yang unyu itu cerita " Tadi kawan tanya". " Pak, istrinya penulis ya ? Saya suka baca tulisannya"

Sebagai seorang blogger yang usia blognya baru 9 bulan ini, jangan ditanya deh gimana rasanya perasaan saya. Ya Allah, senangnya minta ampun

Berarti ada orang yang mengakui eksistensi saya yang seuplik ini *menangis bahagia*

Dan saya pun berhasil meratjuni kawan SMA saya Imas Mashitoh buat nulis di blog. Aduh senangnya bisa menebarkan ratjun bahagia yang bikin nagih ini ... Hahaha

Udah dulu ya cerita saya kali ini

Blogging, memang sangat ajaib dan bikin hepi.
Kalau hati senang, pastinya bakalan awet muda kan. Plis, jangan timpuk saya ya... Hihihi

Sampai jumpa dengan postingan saya lain hari ❤








































You May Also Like

37 comments

  1. Eh..ada namaku..:-)

    Awalnya aku ngeblog buat buang jenuh. Masak sih di rumah ngurusi anak, cucian, masak mlulu...

    Pelarian krn gak lolos cpns..padahal umur dah mentok buat jd penjuang cpns lagi..

    Tapi ternyata asyik juga,meski ngaku kadang tetep ada jenuhnya.

    Paling seneng ktka blog pun bisa menghasilkan..dan lumayan..

    Baru tahu klo blm punya akun youtube. Aku aja punya mba. Tapi nggak pernah share ke medsos😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa nama akun You Tube nya Mbak Sulis ? Penasaran akyu. Kasih tau ya nanti. Pengen nonton videonya Mbak Sulis 😄

      Delete
  2. blogging memang memberi banyak manfaat ya, mbak. nggak cuma dalam bentuk materi, namun juga ilmu dan tentunya teman baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Antung. Aku kira tuh awalnya blogging itu ya nulis tok. Ternyata enggak loh. Rupanya banyak banget manfaat yang bisa didapat

      Delete
  3. dunia blogging itu dunia anti galau ya mba. banyak inspirasi dan sumber yang bisa digali lewat blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak. Obat anti galau yang ampuh. Apa yang tertahan di pikiran bisa dilepaskan lewat tulisan

      Delete
  4. Blogging memang bikin hepi
    saya sendiri ngeblog karena ingin berbagi keresahan saja
    saya anggap mengabadikan momen yang bisa saya lihat di sekitar saya
    pengalaman orang2 terdekat saya dan saya sendiri tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog memang media yang luar biasa untuk menyalurkan pikiran. Dan tentunya bikin gak galau lagi

      Delete
  5. Hai Mbak, salam kenal.
    Happy blogging ya, Mbak. Nikmati saja prosesnnya. Pokoknya kalau sudah terbiasa nulis kok nggak nulis pasti bedaaaaa banget rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak Diyanika. Setuju banget, nikmati saja prosesnya. Berproses itu yang justru menambah kenikmatan ngeblog buat aku, Mbak

      Delete
  6. Jiaaah..ada nama saya di sini...Alhamdulillah..#geEr

    Semangat terus Mbak Dila, karena kita enggak pernah tahu banyak orang bisa mengambil manfaat dari tulisan kita. Keep writing and sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sih lupa sama Mbak Dian tersayang 😘😘😘

      Iya, aku kudu semangat. Yihaaa ...

      Delete
  7. aku ngeblog dari sma karena tugas TIK -__-
    tapi lama2 ketagihan sih soalnya aku suka gitu nulis2 hal2 gak penting di buku
    seneng banget emang kalau tulisan kita bermanfaat
    masalah dapet uang sih alhamdulillah sudah mulai ada
    cuma kalau niatnya cari uang mending kerja di dunia nyata aja deh
    soalnya blogging is sharing
    rasa puasnya lebih dari apapun, termasuk uang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa puasnya lebih dari apapun, suka banget sama kalimat ini Mas. Emang sih, aku berasa sekali hepinya pas ngeblog. Berasa ada energi baru lagi

      Cuman kayak kemarin pas kayak gak ada semangat, ya udah deh ... Rehat dulu

      Delete
  8. Setuju banget ya Mbak... jadi blogger itu menyenangkan, banyak pengalaman banyak temen juga.. hehehe kegiatan paliung asyik kalo saling berkunjung di blog temen, bisa dapat inspirasi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Seneng rasanya bisa kenal banyak blogger. Nambah kawan tentunya. Dan dapat ilmu baru terus

      Delete
  9. Seorang blogger bisa jadi influencer, maksudnya inlfluencer itu orang berpengaruh kan? Caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Influencer banyak dipakai jasanya untuk promosi brand, Mbak. Intinya siy, itu salah satu cara marketing suatu produk lewat sosmed. Para influencer ini diharapkan oleh brand , bisa mempengaruhi followernya untuk "membeli" brand produk yang dipromosikan

      Delete
  10. Wah kita sesama blogger baru ya, Bun. Semoga kita tetep semangat menulisnya dan konsisten 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... Semoga tetap konsisten dan semangat 😇

      Delete
  11. Dapat moodbooster yaa akhirnya semanget lagi nulis nya yeyeye *goyang india juga* haha keren ih Mba Dila.. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galuh Banjar juga udah mulai semangat nulis lagi ya.... Hihihi

      Delete
  12. Hai Mbak, salam kenal. Tulisan mbak ini nyempil di beranda FB saya dan langsung saya klik karena judulnya nyees banget di hati hehe. Sama banget mbak, blogging buat saya hepiiii. Alhamdulillahnya, blogging juga yang buat saya ketemu dengan pekerjaan yang selama ini. Aduh, malah curhat :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Mbak Arintya

      Senengnya dikunjungi kawan baru lagi

      Ngeblog emang nyenengin ya. Bisa dapet banyak ilmu baru. Kawan apalagi.... Nambah banyak dari segala penjuru. Aih senangnya

      Delete
  13. Dulu saya mengira pekerjaan ngeblog itu pekerjaannya laki-laki, tapi ternyata jumlah perempuan yang ngeblog juga buanyak...... Seneng banget punya banyak temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak Muyass. Ternyata banyak perempuan hebat yang ngeblog. Blognya pun kece-kece pula ....aduh senangnya

      Delete
  14. bagiku ngeblog bisa jadi catatan buat rekam jejak perjalananku sih.. semoga bisa lebih banyak menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Bang Deddy. Kalau gak ditulis takutnya suatu saat kita lupa. Beda dengan kalau ditulis. Bahkan perasaan saat itu pun masih bisa diingat

      Delete
  15. Aku sering banget mengalami hal yang sama mbak. Saat lagi drop semangat nulisnya, ada aja yang Allah kirimkan untuk membuat semangat itu menyala lagi. Dari pesan whatsapp yang tiba-tiba masuk tanya berkaitan dengan apa yang pernah aku posting, atau ketemu orang yang bilang suka baca tulisan-tulisanku sampai diamanahi mengajari membuat blog. Memang semua kudu diawali dengan rasa happy ya mbak... so, happy blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kudu diawali dengan rasa happy. Setujuuuuuu ...

      Kalau semua dimulai dengan gembira, orang yang ngebacanya pun berasa juga

      Delete
  16. Agghhh namaku disebuuut ^o^. Hahahaha nah, yg begini aja udh bikin aku seneng jg mba sebagai blogger. Disebut oleh sesama blogger lain, pdhl ketemu aja kita ga pernah :) ..

    Aku ga nyangka kalo kamu blm lama nulis.. Kirain udh dari dulu.. Aku sndiri kalo nulis mah udh dr SD. Nulis diary :p. Makin gede, baru mulai kenal blog di friendster, multiply, sampe akhirnya punya yg berbayar.. :). Dari blog lah aku nambah bnyaaaak bgt temen baru. Dan justru mereka ini yg ternyata banyak kesamaan ama aku, dibanding temen dr dunia nyata :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fannyyyyyyy ....

      Kapankah bisa jumpa denganmu ? Nanti lah kalo ada rejeki ke Jakarta, kita mit ap cantik ya. Sama Mbak Dira juga. Aih senangnya kalo bisa ketemu

      Delete
  17. Hulala.. ada namaku tersebut... terharu.. tak menyangka akan disebut ganteng... huwoo.. Ya Allah.. aku pengen nangis... share ahh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca lagi nggih, " yang suka menyebut dirinya ganteng " beda dengan disebut ganteng .... Hahaha

      *kabuuuur*

      Delete
  18. Sependapat ☺
    Blogging membuat kita bahagia bisa sharing informasi ke banyak orang.

    ReplyDelete
  19. Wah haha makasih banyak ya. Padahal saya cuma pamer loh, hahahah... Tapi Alhamdulillah moga kita bisa selalu berbagi kebaikan ya untuk orang lain. Karena masakan yang enak dan sehat merupakan salah satu cara kita untuk bikin happy keluarga ya :D

    ReplyDelete
  20. salam kenal bu dila, saya newbie blogger yang masih banyak belajar tentang bloging,belum bisa nulis dan belum pinter bikin artikel. saya termotivasi oleh tulisan emak-emak yang blognya keren-keren. semoga saya bisa seperti emak-emak blogger yang hebat itu

    ReplyDelete