Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2017

Oleh - oleh dari Medan

Yuhuuuu, di artikel ini saya mau cerita yang enak - enak. Ya gimana gak enak, soalnya hampir semua yang akan saya tulis dibawah ini wujudnya makanan ... Hihihi

Medan, siapa sih yang gak tau ibukota dari Sumatra Utara ini. Yang selalu terlintas di setiap orang kalau ke Medan itu pasti kulinernya yang enak


Oke deh, langsung aja ya saya kasih tau oleh - oleh apa aja siy yang konon wajib di bawa kalau kalian pergi ke Medan

1. Bolu Meranti
Apa siy yang istimewa dari bolu ini ketimbang bolu lainnya. Bolu yang tokonya terletak di Jalan Sekip dan Jalan SM Raja Medan ini punya kelebihan ketimbang kebanyakan bolu lain. Teksturnya lebih lembut dan rasanya emang lebih enak siy dibanding bolu lain yang pernah saya rasain
Ada rasa mocca, keju dan bluberry.  Mau yang ada topping atau gak. Buat yang gak suka dengan ukuran standartnya, Bolu Meranti juga ada yang ukuran mini yang dalam kotaknya tersedia 3 rasa. Dan kesukaan saya ya yang ukuran mini itu


2. Bika Ambon
Di Medan ini banyak yang menjual bik…

Monja di Medan, tempat belanja barang bekas dengan kualitas bagus

Judulnya mantap banget ya, tempat belanja barang bekas... Hmmm.  Monja adalah sebutan warga Medan untuk barang-barang bekas impor.  Asal katanya konon dulu di seputaran Monginsidi Plaza banyak dijual barang - barang bekas. Biar gampang disingkatlah Monginsidi Plaza menjadi monza. Berhubung agak susah kan tuh melafalkan monza jadilah sekarang disebut dengan monja

Meski jejak monja di Monginsidi Plaza justru udah gak ada lagi. Monja-monja lain justru bertebaran di kota Medan ini.  Ada di pajak Petisah, ada di Pajak Deli Tua yang jualnya hanya hari Kamis aja makanya disebut Kamisan, ada juga di Pajak Simpang Limun tiap hari Minggu pagi dan masih banyak lagi pajak yang menjual monja.  Oiya, Pajak di Medan artinya pasar ya teman.

Nah dari sekian banyak monja di Medan ini, Pajak Melati lah yang paling terkenal. Hari paling ramai dikunjungi adalah Selasa, Jum'at dan Minggu karena di hari itulah para pedagang membuka bal ( bongkaran besar isi barang bekas yang baru turun dari kapal ). Sia…

Tips untuk mengurangi ketakutan khitan atau sunat pada anak

Ceritanya nih seorang sahabat mulai remaja dulu menghubungi saya di BBM. Bertanya ini itu tentang saat Kakak sunat. Umur berapa dan lain - lain. Selesai BBM an kok saya malah pengen buat artikel dengan tema khitan / sunat

Kakak dulu dikhitan saat kami masih tinggal di Banjarmasin, usianya belum genap 4 tahun. Ingat sekali saya saat itu tiba-tiba dokter menyuruh Kakak untuk dikhitan karena indikasi medis. Jangan tanya gimana kagetnya kami. Mak bejunjuk Pak Dokter bilang,  minggu depan sunat setelah diobati oral. Gak usah dibayangin ada pesta plus musik dangdut. Yang ada saat itu hanya saya, papanya dan kawan kantor yang membantu membawa mobil. Keluarga ada di Jawa semua, dan kebetulan gak bisa datang. Ya maklum karena mendadak juga siy

Drama pun terjadi di Senin sore itu. Mulai dari teriakan nangis begitu jarum suntiknya ditusukkan. Udah deh nangisnya kenceng bener sambil teriak " Sakit ... Sakit ". Sampai musti dipegang badannya sama beberapa orang karena meronta. Kebayang d…

Resep Bubur Terik, membawa kenangan kecil bersama Eyang

Ketika saya menulis artikel ini, sakit lambung saya sedang kambuh. Makanan yang paling pas saat sakit lambung seperti ini adalah yang bertekstur lembek. Dan tadi pagi saya membuat Bubur Terik untuk makan saya hari ini

Bubur Terik selalu mengingatkan kenangan kecil saya saat bersama Eyang. Setiap kali menginap di rumah Eyang, saya seringkali dibelikan bubur ini di tetangganya. Bau harum khas bubur ini, berbagai makanan yang dijajakan oleh penjual bubur, antrian pembeli, daun pisang yang digunakan untuk bungkus dan panci blirik besar untuk tempat bubur langsung terlintas di ingatan

Dari kecil saya memang menyukai bubur ini. Dan kali ini saya akan menghadirkan lagi kenangan masa kecil say di rumah melalui Bubur Terik ini


Untuk bahan bubur nya :
- Beras
- Daun Salam
- Garam
- Santan ( untuk kali ini bubur tidak saya beri santan )
Semua bahan diatas dibuat di atas api kecil dan sering diaduk hingga airnya berkurang

Untuk membuat Terik, bahannya adalah:
- Telur rebus
- Tahu putih
- Tempe ( …

Buah tangan sederhana namun berkesan

" Say,  beliin gudeg ya " permintaan saya ke suami kalau lagi dinas ke Jogja
Atau "Say, cariin tas yang cantik ya. Pokoknya yang khas " ini lagi permintaan saya ke suami kalau sedang dinas ke daerah yang memiliki kerajinan khas indah
" Ma, kalau kesini ntar bawain bandeng presto ya " minta saya ke mama pas mau datang ke rumah

Makanan khas suatu daerah adalah salah satu oleh-oleh suka saya minta ke suami saat sedang dinas luar kota. Suami kebetulan memang sering sekali dinas luar, sebulan 2 kali biasanya. Selain makanan khas, saya juga punya oleh-oleh favorit. Apa aja tuh, di bawah ini adalah buah tangan favorit saya selain makanan :


1. Hotel Toiletries

Di awal 2015, saat itu suami harus dinas ke Jakarta 3 minggu. Selama 3 minggu itu, pindah 3 hotel. Seperti biasanya, perlengkapan baju dan toiletries dipersiapkan saat mau keluar kota. Kebetulan memang biarpun menginap di hotel, suami lebih nyaman dengan perlengkapannya sendiri.

20 hari tak bersua, pulang …

Rehat sejenak di Pematang Siantar

Di bulan Maret kemarin kami berlibur ke Parapat. Dalam perjalanan pulang, kami menyempatkan diri mampir di Pematang Siantar. Kota di Sumatera Utara ini mengingatkan saya pada Ambarawa dan Salatiga di Jawa Tengah. Sama sama terletak tidak terlalu tinggi, berhawa sejuk bahkan jalan serta bentuk bangunannya mirip sekali

Sebelum pergi ke Parapat, saya memang sudah jauh hari merencanakan untuk berkunjung sejenak di Pematang Siantar. Ingin ke toko roti yang terkenal itu, melihat becak motornya yang sangat khas dan makan burung goreng


Toko roti Ganda, adalah sebuah toko roti yang terkenal di Pematang Siantar. Beralamat di jalan Sutomo, toko yang tidak terlalu besar bangunannya ini sangat ramai dikunjungi orang. Produk yang paling banyak dibeli orang adalah roti tawar, roti manis serta selai sarikaya. Begitu masuk ke toko, harum rotinya semerbak di seluruh ruangan. Hmm sangat  menggoda.


Apa yang spesial dari roti tawar di tempat ini ? Menurut saya kesederhanaan rasa nya itu yang spesial. Sede…