Liburan Gratis di Grand Mercure Medan dengan Garuda Miles

by - September 22, 2017

Assalamu 'alaykum, teman. Gimana niy kabarnya ? Mumpung masih ada aura liburan. Di hari yang mendung ini, saya mau cerita gimana pengalaman saya berlibur gratis di Grand Mercure Medan dengan Garuda Miles

" Say, kapan mau liburan di Grand Mercure ?" kata suami bulan Agustus lalu. "Point GFF ada yang mau hangus bulan Oktober ini " lanjutnya. Tengok kalender, saya dan suami memutuskan liburan di awal September saja. Bertepatan dengan liburan panjang Lebaran Idul Adha. Setelah menghubungi Grand Mercure untuk mengecek ketersediaan kamar, kami pun mengambil voucher di Kantor Perwakilan Garuda Indonesia

Disarikan dari beberapa sumber,  Garuda Miles adalah pengembangan dari program Garuda Frequent Flyer ( GFF ) yang diperuntukkan bagi pelanggan setia Garuda Indonesia. Sebagai bentuk loyalty kepada pelanggannya, para pengguna Garuda Frequent Flyer dapat menikmati banyak fasilitas yang disediakan oleh Garuda Indonesia dan penerbangan Sky Team di seluruh dunia. Tak hanya kemudahan dalam penerbangan seperti bagasi tambahan, prioritas baggage handling atau waiting list prority. Dengan jumlah mileage yang terkumpul, para pengguna Garuda Frequent Flyer dapat menukar poin tersebut dengan tiket penerbangan, upgrade kelas dan voucher hotel

Liburan yang dinantikan pun tiba, siang itu kami berangkat ke Grand Mercure Medan yang terletak di jalan Sutomo no 1. Hotel yang dulu mempunyai nama Grand Angkasa ini, sejak 23 November 2016 lalu telah  berubah nama mejadi Grand Mercure Medan setelah dilakukan renovasi. Dibawah management Accor Hotels, Grand Mercure Medan memantapkan dirinya sebagai luxury dan upscale hotel di ibukota Sumatera Utara ini

****

Minuman dingin menyambut di lobby yang cantik

Yeeeey, akhirnya kami pun tiba di hotel Grand Mercure Medan. Eits begitu sampai di lobby hotel mata ini langsung tertuju ke dua buah tempat minum berukuran besar. Sirup markisa dan infuse water dingin benar-benar cocok dengan cuaca yang cukup panas siang itu. Dan seperti biasa anak-anak udah gak sabar pengen minum. Sembari menunggu suami check in kamar, yang ternyata gak lama. " Kamar 512, say " kata suami

Kamar Premier yang luas dan bersih

Kamar Premier no 512 yang menghadap ke arah kolam renang itu ternyata luas. Sekitar 40 m2. Dan kejutan pun dimulai saat membuka pintu kamar. Begitu melihat ke kanan ... e buseeet kamar mandinya dari kaca semua. Ketauan yah ndeso nya saya hahaha. Maklum selama ini gak pernah dapat kamar hotel yang kamar mandinya kaca semua begitu. " Say, ini gimana cara nutupnya ?" tanya saya ke suami. " Nih, kordennya diturunin " kata dia. Ooooo oke - oke. " Say, kalo anak- anak kamarnya terpisah enak ya " sambil ngebisikin suami  -mulai deh nakalnya-

Kamar mandinya bening banget

Cocok buat honeymoon ya

Kamar mandinya bersih banget loh. Bikin nyaman pokoknya. Dengan 2 buah shower, satu berukuran kecil dan satu berukuran kecil. Buat kenyamanan pengunjung, toilet pun dipisah dengan kaca berwarna buram. Jadi gak keliatan kan dari kamar. Telepon darurat pun tersedia disana. Dan gak ada bau-bauan yang mengganggu liburan

Berhubung anggota sudah besar, satu bed tambahan saya pesan buat Kakak ( yang ini bayar sendiri ). " Aku mau ditaruh dekat jendela aja, Ma " kata Kakak. Fasilitas kamar pun oke. Sebuah TV layar datar berukuran besar dengan banyak saluran dan ini yang bikin anak -anak betah setiap kali diajak liburan ke hotel. Printilan kecil seperti hotel toiletries, sandal, air mineral, teh , kopi dan gula jelas tersedia

Langsung disimpan buat tambahan koleksi di rumah

Hotel untuk Garuda Indonesia Crew menginap

Sebuah daftar menu terlihat di atas meja kamar dengan " Garuda Indonesia Crew ROOM DINING MENU " . Hmmm, mungkin ini menu spesial hotel ini yang biasa dipilih oleh kru Garuda Indonesia. Ada Nasi Goreng Kampung, Mie / Kwetiauw Goreng, Soto Medan dan Sandwich

Dan Sabtu malam sekitar jam 10 itu pun saya berjumpa dengan para kru yang akan check in. Karena gak berani minta foto, ya udahlah saya fotoin mereka dari jauh aja ( agak nyesel juga kan sekarang ). Berhubung masih penasaran, besoknya saya tanya - tanya dengan pegawai hotel. Dan saya pun dapat informasi bahwa ada sekitar 3-4 penerbangan Garuda Indonesia setiap harinya menginap di Grand Mercure Medan. Dengan jumlah kru sebanyak 7 setiap penerbangan. Ada yang masuk siang, sore dan malam

Garuda Indonesia Air Crew saat check in

Pertanyaan besar saya pun terjawab juga disana. Selama ini kan saya suka penasaran tuh, jam berapa siy kru pesawat berangkat ke bandara buat penerbangan paling pagi. Rupanya untuk penerbangan paling pagi jam 05.20, Garuda Indonesia Crew keluar hotel sekitar jam 03.30. Pagi banget yah. Sarapannya gimana kan restoran belum buka ? Sarapan untuk mereka dibawa dari hotel. Ada yang minta sandwich atau mie goreng

Tempat yang cocok buat ketemu kawan

Letak hotel yang tepat di tengah kota itu sangat strategis. Dan karena letaknya itu, saya janjian dengan Mbak Ririn Wandes blogger Medan yang punya blog Melalak Cantik.

Malam minggu itu, saya dan mbak Ririn janjian ketemuan di lobby hotel. Biasa kan ya cewek kalo ketemuan kayak apa. Ngobrol ini ngobrol itu. Pokoknya nyenengin banget deh bisa ketemu sama mbak Ririn di Grand Mercure Medan. Dua gelas minuman segar pun menemani kami. Tapi maaf saya lupa namanya ... hahaha

Sarapan yang enak

Biasanya kalo kami lagi liburan di hotel, sarapan itu sekitar jam 7 ke atas. Nah kali ini sebelum sarapan, saya sengaja turun duluan buat ambil gambar. Mumpung sepi dan masih utuh pikir saya. Jadilah jam 6 pagi saya turun dulu ke Orchid Restaurant. Setelah meminta ijin ke pegawai hotel, untuk masuk saja tanpa sarapan karena ingin mengambil gambar. Mungkin karena liburan, jadi restoran masih sepi sekali. Hanya 2 orang saja saat itu yang sedang sarapan

Sebuah restoran dengan konsep Chinesse Modern ini terkesan homy banget. Warna lampu redup dengan lampion warna warni terlihat mempercantik restoran. Menu yang dihadirkan oleh Orchid Restaurant Grand Mercure Hotel pun terbilang cukup beragam

Ada hidangan Jepang seperti mini sushi, makanan tradisional Indonesia seperti arsik ikan khas Sumatera Utara, lontong Medan, roti- rotian dengan berbagai isi serta olesan, aneka rupa sereal yang pastinya disukai anak-anak, jajanan tradisional, mini sandwich dan bakso pun tersedia di restoran ini

Jika biasanya di tempat lain hanya tersedia satu jenis bubur. Di restoran ini tersedia 3 jenis bubur. Bubur ayam, ikan dan plain. Kerupuk dan sambal pun demikian. Buat penyuka buah, restoran ini menyediakan beraneka buah, salad dan jus buah segar yang langsung dibuat loh

Melihat aneka rupa makanan yang menggoda selera itu. Saya balik lagi ke kamar. " Ayo sarapan sekarang aja " kata saya ke anak-anak dan suami. Sempat ada drama dengan si kecil yang pengennya berenang dulu sebelum sarapan. Akhirnya mamanya yang menang ... hahaha

Ternyata gak cuman tampilannya yang cantik loh. Sarapan di Grand Mercure Medan emang enak. Hampir semuanya saya dan keluarga suka. Baksonya enak, nasi gorengnya juga, buburnya iya, ikan arsik yang dimasak modern pun enak juga, saladnya saya suka banget Kecuali mini sushinya, mungkin karena gak terbiasa dan gak dikasih apapun seperti kecap dan wasabi. Jadi aneh aja buat kami ... hahaha

Alunan Musik Batak terdengar mengalun

Kalau biasanya saya mendengar dari alunan piano atau biola di lobby hotel. Nah di Grand Mercure Medan ini, saya justru mendengar alunan musik tradisional Batak di lorong depan kamar dan di halaman parkir. Sungguh nuansa yang berbeda

Dari speaker itu, alunan musik Batak juga terdengar di halaman parkir dan trotoar

Kolam renang yang luas dan air bilas yang hangat

Yang dicari anak-anak saat menginap di hotel adalah kolam renang. Gak sah kayaknya liburan ke hotel tanpa berenang. Grand Mercure Medan ini mempunyai kolam renang yang cukup luas. Ada 2 area kolam, yakni dewasa dan anak. Adik yang suka banget kalo diajak berenang, begitu sampai hotel langsung minta ke kolam renang. Gak cukup sekali, besok paginya minta lagi

Kolam renang di Grand Mercure Medan cukup nyaman buat keluarga berenang. Selesai berenang, air bilasnya lumayan hangat jadi badan gak kaget. Cuman kekurangannya menurut saya, kolam renangnya terkesan gersang. Meski ada beberapa tanaman disana, namun masih kurang menyejukkan pandangan. Mungkin kedepannya pihak hotel akan menata lagi kolam renangnya agar lebih adem dipandang mata

Pelayananan yang ramah

Ini salah satu yang saya suka dari Grand Mercure Medan. Hotel ini melayani dengan ramah. Memang kebanyakan hotel yang saya pernah menginap, ramah juga tapi ada yang berbeda dari hotel Grand Mercure Medan ini

Seperti saat kami sarapan, seorang pegawai disana menawarkan kami teh atau kopi sembari menanyakan bagaimana makanannya enak atau tidak dan bagaimana kamarnya. Hal yang belum pernah saya jumpai sebelumnya. Lalu saat saya bertanya banyak hal ke resepsionis pagi itu tentang hotel ini, dijawab dengan ramah dan informatif

Keramahan lain yang saya ingat salah satunya adalah ketika hendak turun. Tiba- tiba dari dalam kamar yang saya lewati, seorang petugas menyapa saya dengan senyuman " Selamat siang ". Baru saya ngeh ternyata petugas itu sedang membersihkan kamar yang kosong

Pun ketika berjumpa dengan petugas di lift, saya bertanya tentang kamar paling mahal di Grand Mercure Medan. Bapak itu menjawab dengan baik. Dari beliau, saya akhirnya tahu bahwa kamar paling mahal di Grand Mercure Medan terdapat di kamar 1108. Yang mempunyai fasilitas 4 kamar tidur, ruang tamu dan dapur. Biasanya keluarga besar atau para pejabat yang menyewa kamar itu. Cuman sayang kemarin saya gak kepikiran pengen liat

****

Kalau saya disuruh memberi nilai, saya akan berikan nilai 8,5 buat Grand Mercure Medan. Hotel ini bisa jadi tempat berlibur yang menyenangkan buat keluarga dan tempat beristirahat buat tamu dari luar kota. Dan kamar premier cocok banget buat bulan madu dengan pasangan ... tempatnya romantis banget

Terima kasih untuk Garuda Miles atas liburan gratisnya dan Grand Mercure Medan. Semoga kelak bisa berlibur kembali bersama Garuda Miles dan Grand Mercure Medan